Pada
kesempatan kali ini sayan akan menganalisa bebarapa jurnal nasional yang
berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik, berikut penjelasan mengenai jurnal tersebut.
Judul
Jurnal : TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY
UNTUK MENSIMULASIKAN
SISTEM TATA
SURYA
Penulis :
Mustofa Mahmud Abubakar
Jurusan Sistem
Informasi
STMIK AMIKOM, Yogyakarta
2010
Judul Jurnal : APLIKASI
AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT PENGUKUR BAJU WISUDAWAN WISUDAWATI DI
UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Penulis : Adi Purnomo, Hanny Haryanto
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Dian
Nuswantoro, Semarang
2012
Judul Jurnal : APLIKASI BROSUR PROMOSI PENJUANLAN
APARTEMEN CENTERPOINT BEKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY
Penulis : Muhammad Arief Sadikin
Fakultas Teknologi
Industri, Jurusan Teknik Informatika
Universitas Gunadarma
Pembahasan yang akan saya sampaikan mengenai analisa
jurnal nasional ini adalah seputar kelebihan, kekurang dan kesimpulan secara
umum. Ketiga jurnal diatas membahas mengenai pembuatan aplikasi menggunakan
teknologi yang sama yaitu teknologi Augmented
Reality. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu Augmented Reality, bagaimana cara kerja
teknologi AR ini dan komponen apa saja yang berkaitan.
AUGMENTED
REALITY
Augmented
Reality (AR) adalah suatu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi
kedalam sebuah lingkungan nyata, yang menampilkan benda maya tersebut secara interaktif dan real time, dalam
bentuk berupa animasi 3D.
Komponen penting yang membangun
suatu
teknologi Augmented Reality :
·
Perlengkapan
Tampilan (Display)
·
Alat
Pencarian(Tracking)
·
Peralatan
Input
·
Perangkat
Komputer
MARKER
1.
Marker Based
Tracking
Marker Based Tracking adalah metode
menampilkan objek dengan menggunakan bantuan marker. Marker Based
Tracking biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih.
2.
Markerless
Dengan metode markerless pengguna
tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan obyek-obyek
virtual. seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, Motion Trackin, dan GPS Based
Tracking
CARA
KERJA
Augmented Reality harus melakukan penglihatan terhadap lingkungan tempat objek tersebut akan dicitrakan. Kemudian dilakukanlah proses tracking terhadap objek spesifik yang
menentukan letak pencitraan objek virtual
tersebut. Lalu objek tersebut akan dikenali dan dianalisis. Setelah dikenali dan
dianalisis posisi dan orientasinya, maka komputer
akan melakukan pencitraan
objek tersebut yang akan tampak pada perlengkapan display.
Jurnal Teknologi Augmented Reality untuk
mensimulasikan sistem tata surya
Dalam pembuatan aplikasi ini, perangkat lunak yang digunakan adalah:
1.
Sistem Operasi
Windows XP
2.
3DS MAX 9
3.
Swift 3D
4.
Flash Develop
5.
ArtoolKit
6.
Papervision 3D
Pembuatan aplikasi ini ditujukan untuk siswa SMA
sebagai aplikasi multimedia pembelajaran mengenai tata surya, yang diharapkan
dapat membuata kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan dan dapat
mendorong motivasi siswa dalam belajar.
Informasi yang ditampilkan dalam aplikasi ini adalah
bentuk simulasi tata surya berbentuk 3 dimensi, mempunyai gambar pemukaan yang
menyerupai gambar aslinya, simulasi planet mengitari matahari.
Kelebihan :
·
kelebihan pada pembelajaran tata surya
yang menggunakan alat peraga sistem tata surya adalah siswa dapat merasakan dan
melihat secara langsung dari alat simulasi sistem tata surya.
·
Memberikan pengetahuan kepada siswa
mengenai teknolgi Augmented Reality.
Kekurangan
:
·
Karena penerapan augmented reality – nya
berbasis desktop. Maka penggunaan aplikasi ini hanya terbatas di laptop atau PC
saja.
·
Kekurangan lain dari aplikasi ini adalah
pada saat menjalankan aplikasi menghabiskan memori yang cukup banyak.
Jurnal Aplikasi Augmented Reality
Sebagai Alat Pengukuran Baju Wisudawan Wisudawati di Universitas Dian
Nuswantoro
Pembuatan aplikasi pada jurnal ini masih berupa
rancangan. Oleh sebab itu berikut akan dijelaskan tahapan – tahapan perancangan
dalam penelitian ini:
1.
Pengumpulan data
skunder dan primer.
2.
Perancangan perangkat
lunak AR
3.
Proses kerja
aplikasi
Kelebihan :
·
Aplikasi Augmented Reality untuk
pengukuran baju wisuda memberikan kemudahan dengan antarmuka aplikasi yang
mudah dipahami dan digunakan.
·
Waktu
yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan mengukur baju wisuda dapat
menjadi lebih cepat.
Kekurangan
:
·
Aplikasi ini masih berupa rancangan maka
perlu direalisasikan agar fungsi tujuannya tercapai.
Jurnal Aplikasi Promosi
Brosur Penjualan Apartemen Centerpoint Bekasi Berbasis Augmented Reality
Perangkat
Lunak yang Digunakan
·
ARToolKit
·
Google SketchUp
·
VRML
·
Autodesk3ds Max
Perancangan
Brosur
1. Rancangan
brosur halaman luar
2. Rancanga
brosur halaman dalam
Pembuatan
Aplikasi
1. Pembuatan
Brosur berbasis AR
2. Tata
ruang interior kamar tidur dan kamar mandi
3. Marker
eksterior gedung, interior kamar tidur dan interior kamar mandi
Uji
Coba Aplikasi
Kelebihan :
·
Aplikasi ini sangat menarik dan
bermanfaat bagi siapapun yang ingin mengetahui informasi mengenai penjualan apartemen
centerpoint Bekasi. Karena mereka dapat melihat gambaran apartemen tersebut baik
pada bagian interior atau eksteriornya secara mudah.
·
Dapat dijadikan sebagai media alternatif
pemasaran
·
Pengembangan aplikasi dapat dilakukan
kearah yang lebih baik dalam hal perancangan tampilan brosur dan menggantikan marker standar menjadi bentuk apapun
atau markless.
Kekurangan
:
·
Marker yang digunakan masih menggunakan
marker standar, dan penggunaanya masih terbatas pada laptop atau PC.
lib.itenas.ac.id (diakses
pada 13-11-2014)
journal.amikom.ac.id (diakses
pada 13-11-2014)
publication.gunadarma.ac.id
(diakses pada 13-11-2014)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar