Pada
kesempatan kali ini sayan akan menganalisa bebarapa jurnal nasional yang
berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik, berikut penjelasan mengenai jurnal tersebut.
Judul
Jurnal : TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY
UNTUK MENSIMULASIKAN
SISTEM TATA
SURYA
Penulis :
Mustofa Mahmud Abubakar
Jurusan Sistem
Informasi
STMIK AMIKOM, Yogyakarta
2010
Judul Jurnal : APLIKASI
AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT PENGUKUR BAJU WISUDAWAN WISUDAWATI DI
UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
Penulis : Adi Purnomo, Hanny Haryanto
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Dian
Nuswantoro, Semarang
2012
Judul Jurnal : APLIKASI BROSUR PROMOSI PENJUANLAN
APARTEMEN CENTERPOINT BEKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY
Penulis : Muhammad Arief Sadikin
Fakultas Teknologi
Industri, Jurusan Teknik Informatika
Universitas Gunadarma
Pembahasan yang akan saya sampaikan mengenai analisa
jurnal nasional ini adalah seputar kelebihan, kekurang dan kesimpulan secara
umum. Ketiga jurnal diatas membahas mengenai pembuatan aplikasi menggunakan
teknologi yang sama yaitu teknologi Augmented
Reality. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu Augmented Reality, bagaimana cara kerja
teknologi AR ini dan komponen apa saja yang berkaitan.
AUGMENTED
REALITY
Augmented
Reality (AR) adalah suatu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi
kedalam sebuah lingkungan nyata, yang menampilkan benda maya tersebut secara interaktif dan real time, dalam
bentuk berupa animasi 3D.
Komponen penting yang membangun
suatu
teknologi Augmented Reality :
·
Perlengkapan
Tampilan (Display)
·
Alat
Pencarian(Tracking)
·
Peralatan
Input
·
Perangkat
Komputer
MARKER
1.
Marker Based
Tracking
Marker Based Tracking adalah metode
menampilkan objek dengan menggunakan bantuan marker. Marker Based
Tracking biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih.
2.
Markerless
Dengan metode markerless pengguna
tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan obyek-obyek
virtual. seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, Motion Trackin, dan GPS Based
Tracking
CARA
KERJA
Augmented Reality harus melakukan penglihatan terhadap lingkungan tempat objek tersebut akan dicitrakan. Kemudian dilakukanlah proses tracking terhadap objek spesifik yang
menentukan letak pencitraan objek virtual
tersebut. Lalu objek tersebut akan dikenali dan dianalisis. Setelah dikenali dan
dianalisis posisi dan orientasinya, maka komputer
akan melakukan pencitraan
objek tersebut yang akan tampak pada perlengkapan display.
Jurnal Teknologi Augmented Reality untuk
mensimulasikan sistem tata surya
Dalam pembuatan aplikasi ini, perangkat lunak yang digunakan adalah:
1.
Sistem Operasi
Windows XP
2.
3DS MAX 9
3.
Swift 3D
4.
Flash Develop
5.
ArtoolKit
6.
Papervision 3D
Pembuatan aplikasi ini ditujukan untuk siswa SMA
sebagai aplikasi multimedia pembelajaran mengenai tata surya, yang diharapkan
dapat membuata kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan dan dapat
mendorong motivasi siswa dalam belajar.
Informasi yang ditampilkan dalam aplikasi ini adalah
bentuk simulasi tata surya berbentuk 3 dimensi, mempunyai gambar pemukaan yang
menyerupai gambar aslinya, simulasi planet mengitari matahari.
Kelebihan :
Ø kelebihan
pada pembelajaran tata surya yang menggunakan alat peraga sistem tata surya
adalah siswa dapat merasakan dan melihat secara langsung dari alat simulasi
sistem tata surya.
Ø Memberikan
pengetahuan kepada siswa mengenai teknolgi Augmented
Reality.
Kekurangan
:
Ø Karena
penerapan augmented reality – nya berbasis desktop. Maka penggunaan aplikasi
ini hanya terbatas di laptop atau PC saja.
Ø Kekurangan
lain dari aplikasi ini adalah pada saat menjalankan aplikasi menghabiskan
memori yang cukup banyak.
Jurnal Aplikasi Augmented Reality
Sebagai Alat Pengukuran Baju Wisudawan Wisudawati di Universitas Dian
Nuswantoro
Pembuatan aplikasi pada jurnal ini masih berupa
rancangan. Oleh sebab itu berikut akan dijelaskan tahapan – tahapan perancangan
dalam penelitian ini:
1.
Pengumpulan data
skunder dan primer.
2.
Perancangan perangkat
lunak AR
3.
Proses kerja
aplikasi
Kelebihan :
Ø Aplikasi
Augmented Reality untuk pengukuran baju wisuda memberikan kemudahan dengan
antarmuka aplikasi yang mudah dipahami dan digunakan.
Ø Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
pekerjaan mengukur baju wisuda dapat menjadi lebih cepat.
Kekurangan
:
Ø Aplikasi
ini masih berupa rancangan maka perlu direalisasikan agar fungsi tujuannya
tercapai.
Jurnal Aplikasi Promosi
Brosur Penjualan Apartemen Centerpoint Bekasi Berbasis Augmented Reality
Perangkat
Lunak yang Digunakan
·
ARToolKit
·
Google SketchUp
·
VRML
·
Autodesk3ds Max
Perancangan
Brosur
1. Rancangan
brosur halaman luar
2. Rancanga
brosur halaman dalam
Pembuatan
Aplikasi
1. Pembuatan
Brosur berbasis AR
2. Tata
ruang interior kamar tidur dan kamar mandi
3. Marker
eksterior gedung, interior kamar tidur dan interior kamar mandi
Uji
Coba Aplikasi
Kelebihan :
Ø Aplikasi
ini sangat menarik dan bermanfaat bagi siapapun yang ingin mengetahui informasi
mengenai penjualan apartemen centerpoint Bekasi. Karena mereka dapat melihat gambaran
apartemen tersebut baik pada bagian interior atau eksteriornya secara mudah.
Ø Dapat
dijadikan sebagai media alternatif pemasaran
Ø Pengembangan
aplikasi dapat dilakukan kearah yang lebih baik dalam hal perancangan tampilan
brosur dan menggantikan marker
standar menjadi bentuk apapun atau markless.
Kekurangan
:
Ø Marker
yang digunakan masih menggunakan marker standar, dan penggunaanya masih
terbatas pada laptop atau PC.
lib.itenas.ac.id (diakses
pada 13-11-2014)
journal.amikom.ac.id (diakses
pada 13-11-2014)
publication.gunadarma.ac.id
(diakses pada 13-11-2014)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar