Implementasi Komputasi Modern di Bidang Pendidikan
Kelas : 4IA15
Anggota Kelompok :
- Arya Pramudya (51411221)
- Putri Kurniawati (55411649)
- Subki Kadrawi (56411910)
- Ida Matu Qoiriyah (53411458)
- Ayu Amizah (51411317)
Mata Kuliah
: Pengantar Komputasi Modern
Apa itu Komputasi Modern ?
Sebuah
system yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah matematis menggunakan
komputer dengan menyusun algoritma yang dapat dipahami oleh komputer agar dapat
menyelesaikan suatu masalah.
Komputansi
modern mempunyai karakteristik yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
- Komputer-komputer penyedia
sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis
perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
- Komputer-komputer terhubung ke
jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
- Komputer maupun jaringan tidak
terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Contoh
Implementasi Komputasi Modern di Bidang Pendidikan
1. CAT(Computer
Assisted Test)
yaitu
test yang dilakukan secara online dengan menggunakan komputer. Jadi ujian tidak
memerlukan pensil 2B dan papan ujian seperti LJK, tetapi dibutuhkan peralatan
komputer yang nantinya digunakan untuk test online.
Contoh
Implementasi Sistem :
- Proses penerimaan mahasiswa
baru
- Proses penerimaan pegawai baru
- Proses penerimaan anggota baru
di sebuah organisasi.
Keuntungan CAT : Dalam proses
ujian tidak perlu nya kertas LJK dan Pensil 2B.
2.
CBT(Competency Based Training) yaitu suatu proses belajar mengajar yang
tidak seperti cara belajar tradisional. Dimana menggunakan CBT ini siswa dapat
belajar secara offline
ataupun
online dengan guru yang memberikan materi.
Contoh
Implementasi Sistem :
- Universitas
- Sekolah
- Learning Center.
Keuntungan
CBT :
Dalam proses belajar mengajar menggunakan metode CBT ini waktu dapat dipangkas
lebih ringkas. sehingga walaupun dilakukan jarak jauh tetapi hasil yang
diharapkan
bisa maksimal.
Analisis
Jurnal Internasional :
CBT adalah
proses belajar mengajar yang dibuat secara offline ataupun online dengan guru
yang memberikan materi. Dimana dalam 20 tahun implementasi sistem ini di
sekolah vokasi di australia menjadi isu besar. Setelah diimplementasikan nya
sistem ini proses belajar mengajar di setiap sekolah menjadi lebih progressif, meningkatkan minat
belajar siswa dan meringkas waktu yang digunakan ketika belajar mengajar
dilakukan di sekolah. Namun ketika di kondisi lapangan aslinya sistem dan
metode ini terus diperbarui sehingga akan lebih friendly dengan penggunanya.
Daftar
Pustaka
·
A review of twenty years of competency based training in Australian
Vocational Education and Training System - Erica Smith.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar